Dalam dunia bisnis yang terus bertransformasi, keberlanjutan menjadi perhatian utama. Perusahaan-perusahaan kini semakin menyadari bahwa keberlanjutan tidak hanya menjadi tanggung jawab moral, tetapi juga menjadi kunci dalam mencapai kesuksesan jangka panjang. Fokus pada lingkungan, sosial, dan tata kelola yang baik dapat menciptakan dampak positif pada masyarakat dan lingkungan, juga dapat meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Penerapan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) menjadi langkah strategis bagi pertumbuhan bisnis dan berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan secara global.

Kompas Institute mengadakan Kelas Publik bertajuk bertajuk “Strategi Efektif Mengomunikasikan ESG Perusahaan” yang diadakan di Ruang Kompas Institute pada 15-16 November 2023. Kelas ini membahas berbagai materi, mulai dari mengenal apa itu ESG, bagaimana perusahaan mengomunikasikan ESG, hingga mengomunikasikan ESG lewat tulisan opini.

Andreas Maryanto, Direktur Kompas Institute, menegaskan pentingnya ESG dalam dunia bisnis yang terus berkembang. “ESG ini penting, karena menyangkut keberlanjutan perusahaan, berdampak ke publik, hingga ke investor. Beragam kepentingan tentang ESG ini membuat kita tergerak untuk mewadahi,” kata Andreas Maryanto saat membuka kelas pada 15 November 2023.

ESG: Penting dan Mutlak

Anton Susanto, Direktur Komunikasi Asia Tenggara Honeywell, membuka sesi dengan memaparkan apa itu ESG dan bagaimana implementasi ESG di Honeywell, perusahaan yang telah lebih dari 100 tahun berinovasi di bidang teknologi. Menurutnya, ESG adalah bagian dari DNA perusahaan, melibatkan kontrol dan autonomi, transformasi digital, serta keberlanjutan.

Anton menyoroti esensi ESG dengan menekankan tuntutan mutlak dari para investor, tren global, dan rantai pasok bisnis. Dalam sesi tanya jawab, Anton menggarisbawahi bahwa ESG adalah sebuah perjalanan dalam pembangunan berkelanjutan dalam bisnis.

ESG dan Sustainability

Pada sesi kedua, Kristy Nelwan, Head of Communication Unilever Indonesia, membawa pemahaman tentang brand activations dan strategi sustainability dalam konteks ESG. Ia menekankan bahwa tidak bisa berbicara tentang ESG tanpa memiliki strategi sustainability. ESG bukan hanya berbicara tentang komunikasi, tetapi juga mencakup operasional, tata kelola, inovasi, hingga hubungan dengan pemangku kepentingan.

Tidak berhenti pada pemahaman tentang ESG, para peserta juga dibekali pemahaman mengenai ESG di mata media.

ESG di Mata Media

Dewi Indriastuti, selaku Wakil Sekretaris Redaksi Harian Kompas membahas peran media dalam menyampaikan makna ESG. Menurutnya, makna ESG berbeda-beda bagi setiap perusahaan, dan media harus menyajikan informasi secara sederhana.
“Semakin sederhana, maka akan semakin mudah dipahami,” ujar Dewi Indriastuti.

Dewi juga menekankan pentingnya memberikan contoh yang sederhana dan menjelaskan manfaat program ESG bagi sektor-sektor yang terdampak.

“Dalam melibatkan media, perusahaan perlu memudahkan penyebaran informasi dengan menjelaskan ESG secara sederhana, menyertakan contoh, dan memberikan komparasi,” jelas Desi.

Menulis Opini Tentang ESG

Andreas Maryoto berbicara tentang teknik membuat opini yang yang menarik. Wakil Redaktur Pelaksana Harian Kompas ini menekankan bahwa opini yang disukai media adalah opini dengan topik aktual, relevan, dan menyangkut kepentingan orang banyak. Lalu substansi yang disampaikan dalam tulisan opini harus menyangkut kepentingan umum, bukan kepentingan pribadi, golongan dan tidak mengandung SARA.

Pria yang akrab disapa MAR ini menyarankan kepada peserta untuk mencari problem di masyarakat terkait dengan isu yang diminati dan
selalu update isu yang menjadi minat kita. Ini penting untuk menjaga aktualitas dan kualitas opini yang ditulis.

***

Kompas Institute adalah lembaga pelatihan dan pendidikan di bawah naungan Harian Kompas, berdiri pada 17 Mei 2018. Hingga saat ini Kompas Institute telah menyelenggarakan pelbagai pelatihan jurnalistik, fotografi, penulisan, penelitian, hingga isu-isu spesifik. Kelas pilihan terbaik dan terpopuler Kompas disiapkan untuk Anda.

Informasi lebih lanjut dan pendaftaran kelas mendatang, bisa langsung mengunjungi situs institute.kompas.id dan untuk kerja sama in-house training dapat mengirimkan surel ke: kompas.institute@kompas.com.