Di era digital, publikasi kehumasan memasuki babak baru. Era digital memungkinkan instansi dan lembaga menjangkau audiens yang lebih luas, merespons dengan cepat terhadap peristiwa dan isu terkini, meningkatkan visibilitas di mesin pencari, dan meningkatkan citra lembaga.

Kompas Institute bersama Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyelenggarakan Pelatihan Menulis Berita Online. Pelatihan ini diadakan pada 19-20 Juni 2023 di Ruang Kompas Institute, Gedung Kompas Gramedia, Jakarta.

Mukhamad Kurniawan, Wakil Kepala Desk Ekonomi Harian Kompas didapuk menjadi pengajar dalam kelas yang diselenggarakan selama dua hari ini. MKN–sapaan akrabnya–mengisi materi tentang karakteristik berita online dan teknik menulis berita online.

BERITA DI MEDIA ONLINE

Sesi pertama Pelatihan Menulis Berita Online membahas tentang karakter berita di media online. Menurut Mukhamad Kurniawan, Wakil Kepala Desk Ekonomi Harian Kompas, karakter media online sangat berbeda dengan media cetak. “Ini dunia entah berantah yang lebih sengit dibanding media cetak,” ujarnya.

Menulis untuk media online perlu gaya unik, karena pembaca ingin menemukan apa yang mereka cari secepat dan semudah mungkin. Orang mengonsumsi situs web berbeda dengan media lain, pembaca media online membaca sekilas atau memindai (scanning).

Pembaca akan mengabaikan berita dengan judul dan lead yang tidak menarik. Berita dengan judul dan lead yang menarik menjadi salah satu syarat mutlak untuk menarik perhatian pembaca media online. Namun bukan berarti harus bombastis seperti kebanyakan media online pada umumnya.

Terlepas dari apapun mediumnya, prinsip penulisan berita tetap sama, harus memenuhi kriteria layak berita. Dalam dunia jurnalistik disebut nilai berita. Nilai berita menjadi kriteria untuk menilai apakah suatu peristiwa atau kejadian layak diberitakan atau tidak. Nilai berita tersebut antara lain:

  • Kedekatan (proximity)
  • Dampak (impact)
  • Ketenaran (prominence)
  • Keluarbiasaan (magnitude)
  • Aktualitas (timeliness)
  • Konflik (conflict)
  • Keanehan (oddity)

TEKNIK MENULIS BERITA ONLINE

Setelah memahami karakteristik berita di media online pada sesi pertama, peserta lalu belajar teknik menulis berita online di sesi kedua. Menulis berita online membutuhkan pendekatan yang berbeda dibandingkan dengan menulis berita konvensional.

Berita di media online harus ditulis dengan kalimat efektif. Gunakan paragraf yang pendek, rata-rata 1-2 kalimat per paragraf. Ini memudahkan pembaca untuk memahami informasi dengan cepat dan memungkinkan mereka untuk memindai berita dengan mudah.

“Jangan tulis 100 kata apa yang bisa ditulis dalam 50 kata. Jangan tulis 50 kata apa yang bisa ditulis dengan 20 kata,” ucap Mukhamad Kurniawan dalam sesi kedua Kelas Menulis Berita Online.

Misalnya:

Dari:

Untuk saat ini, tenaga keolahragaan khususnya juri cabang olahraga loncat indah baru memiliki 7 (tujuh) juri yang telah berlisensi internasional, dan 1 (satu) diantaranya (Pranarta) pernah bertindak sebagai juri pada Olimpiade Tokyo Tahun 2021 lalu. (36 kata, 250 karakter)

Menjadi:

Saat ini cabang olahraga loncat indah baru memiliki tujuh juri berlisensi internasional. Satu di antaranya pernah jadi juri Olimpiade Tokyo 2021. (22 kata, 146 karakter)

Hal yang perlu diperhatikan dalam menulis berita online adalah kata kunci (keyword). Keyword adalah kunci optimasi mesin pencari (SEO) dalam penulisan berita online. Gunakan kata kunci yang relevan dalam judul, paragraf pertama, dan teks berita untuk membantu mesin pencari menemukan dan menampilkan berita dalam hasil pencarian.

Berita di media online ditulis dengan struktur piramida terbalik. Piramida terbalik menempatkan informasi paling penting/menarik di bagian awal.
Paragraf awal berisi informasi paling menarik atau paling layak diberitakan (5W+1H). Lalu paragraf berikutnya menuliskan konteks atau informasi tambahan.

___

Kompas Institute adalah lembaga pelatihan dan pendidikan di bawah naungan Harian Kompas, berdiri pada 17 Mei 2018. Hingga saat ini Kompas Institute telah menyelenggarakan pelbagai pelatihan jurnalistik, fotografi, penulisan, penelitian, hingga isu-isu spesifik. Kelas pilihan terbaik dan terpopuler Kompas disiapkan untuk Anda.

Informasi lebih lanjut dan pendaftaran kelas mendatang, bisa langsung mengunjungi situs institute.kompas.id dan untuk kerja sama in-house training dapat mengirimkan surel ke: kompas.institute@kompas.com.

Penulis: Khairul Anwar

Dok Foto: Khairul Anwar