Kisah hidup manusia selalu menyimpan cerita menarik. Setiap individu memiliki perjalanan unik, penuh liku dan drama yang mampu menggugah hati. Mengabadikan kisah inspiratif ini menjadi tugas mulia bagi para penulis biografi.

Kompas Institute, melalui kelas Menulis Biografi: Menarasikan Kisah Manusia, hadir untuk membantu para penulis dalam menuangkan kisah inspiratif ke dalam tulisan. Kelas ini dirancang untuk memberikan pemahaman dan keterampilan yang dibutuhkan dalam menulis biografi yang menarik dan berkualitas. Kelas ini dilaksanakan pada 14-15 Maret 2024 di Ruang Kompas Institute, Gedung Kompas Gramedia, Jakarta.

Di kelas ini, peserta belajar bagaimana mencari kisah inspiratif dalam kehidupan manusia. Menggali kisah yang menggugah hati pembaca lewat wawancara dan riset, membangun kerangka narasi, hingga proses penerbitan buku. Materi disampaikan oleh editor rubrik Sosok Harian Kompas dan penulis buku biografi Penerbit Buku Kompas.

Mengapa Kisah Manusia Menarik?

Budi Suwarna, Kepala Desk Kompas Minggu, Muda, dan Sosok Harian Kompas, mengisi sesi pertama dengan menjelaskan tentang human stories. Pria kelahiran Tasikmalaya ini menuturkan bahwa manusia adalah makhluk yang berkisah. Kita memahami hidup dalam rangkaian kisah, dan manusia sendiri adalah karakter utama dalam kisah itu. “People are storytelling animals,” ujar Budi mengutip pernyataan Walter Fisher, professor emeritus di University of Southern California. Tak heran, kisah manusia selalu menggoda, menarik untuk didengar dan dibagikan.

Sebagai penulis, tugas kita adalah merajut potongan-potongan kisah manusia menjadi sebuah narasi yang jernih dan memikat. Sebuah kisah yang mampu membawa pembaca menyelami pengalaman manusia lain, dan memahami makna di balik setiap alur dan lika-liku kehidupan.

Memilih Kisah Manusia yang Menarik Pembaca

Maria Susy Berindra, Editor Desk Regional Harian Kompas, mengisi sesi kedua dengan memaparkan bagaimana memilih kisah manusia yang menarik pembaca. Menemukan kisah manusia yang menarik pembaca bagaikan menemukan harta karun. Ada beberapa kriteria yang bisa menjadi panduan:

– Memiliki kepribadian yang khas
Sosok dengan kepribadian khas, unik, dan memiliki kisah yang kuat akan memikat pembaca.

– Memiliki kisah inspiratif
Pengalaman hidup yang penuh perjuangan, rintangan, dan pencapaian mampu membangkitkan semangat dan inspirasi bagi pembaca.

– Pernah mendapatkan penghargaan
Sosok yang pernah mendapat penghargaan atau pengakuan atas prestasinya menunjukkan kredibilitas tokoh tersebut.

– Sudah berkiprah dalam kurun waktu tertentu
Kiprahnya selama kurun waktu tertentu, baik dalam komunitas, gerakan sosial, lingkungan, maupun bidang profesional, menunjukkan dedikasi dan pengalaman yang berharga.

– Bekerja nyata di bidang yang ia tekuni
Sosok yang fokus pada kerja nyata di bidang yang ditekuni menunjukkan komitmen dan kegigihan yang patut ditiru.

Dengan memperhatikan ciri-ciri tersebut, penulis dapat menemukan kisah manusia yang tak hanya menarik, tetapi juga inspiratif dan bermakna bagi pembaca.

Memulai Penulisan Buku Biografi

Bernada Rurit, penulis buku biografi Penerbit Buku Kompas mengisi sesi ketiga dengan menjelaskan langkah-langkah dalam memulai penulisan buku biografi.

– Riset dan pengumpulan informasi
Baik melalui wawancara dan reportase, maupun melalui surat kabar atau dokumen lain yang pernah memuat tokoh yang akan kita tulis.

– Melakukan wawancara
Wawancara tidak hanya kepada tokoh yang akan kita tulis, namun juga narasumber-narasumber lainnya yang mempengaruhi kehidupan tokoh tersebut.

– Reportase
Tulis reportase seperti ‘feature’ dan menggali sisi human interest dari si tokoh.

– Membuat kerangka tulisan
Setelah melakukan wawancara dan riset yang diperlukan, lantas membuat kerangka tulisan/outline. Buatlah kerangka tulisan yang “berisi” namun mudah dipahami. Buatlah beberapa bagian periode kehidupan tokoh. Contoh, masa kecil, remaja, dewasa, dan seterusnya. Lalu berikan sub bab dalam setiap bagian, gunanya agar spesifik.

Aspek Teknis dan Penerbitan

Menawarkan naskah biografi kepada penerbit besar membutuhkan strategi yang matang. R.B.E. Agung Nugroho, Manajer Eksekutif Penerbit Buku Kompas, membeberkan beberapa kunci untuk meyakinkan penerbit.

– Kenali kekhasan penerbit. Setiap penerbit memiliki preferensi dan fokusnya masing-masing.

– Patuhi aturan dan format yang ditetapkan oleh penerbit. Hal ini menunjukkan profesionalisme dan keseriusan Anda sebagai penulis.

– Kirim naskah yang berkualitas. Baik dari sisi narasi maupun fakta dan data yang disajikan.

– Tunjukkan kelebihan naskah, tokoh, dan penulis. Jelaskan target pembaca dan potensi pasarnya. Lengkapi dengan data dan informasi yang mendukung.

– Buat sinopsis yang ringkas, tajam, dan persuasif. Sinopsis yang menarik akan membuat penerbit penasaran dan ingin membaca naskah Anda.

– Lengkapi naskah dengan pengantar dan endorsement dari orang-orang ternama dan kredibel di bidangnya. Hal ini akan meningkatkan nilai jual naskah Anda.

***

Dapatkan sesi mentoring eksklusi dan kesempatan berdiskusi langsung bersama penulis biografi berpengalaman kami. Karya buku biografi yang Anda tulis juga berkesempatan diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas. Ikuti Kelas Privat Menulis Biografi bersama Penulis Penerbit Buku Kompas dan Redaksi Harian Kompas. Info selengkapnya:

Klik: Kelas Privat Menulis Biografi