Infografik sudah menjadi kebutuhan di era digital. Infografik dapat mengkomunikasikan informasi yang kompleks ke dalam visual yang menarik dan mudah dipahami. Infografik tidak melulu untuk pelengkap berita. Laporan penelitian, laporan kegiatan, juga materi presentasi bisa disajikan dalam bentuk informasi visual.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerja sama dengan Kompas menggelar workshop Pembuatan Infografik Infrastruktur Kementerian PUPR, 6-7 Maret 2023. Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 60 pelaksana kehumasan pada balai-balai di lingkungan Kementerian PUPR dari 34 provinsi.

Workshop dilaksanakan selama dua hari dengan pemateri Pandu Lazuardy Patriari dan Andri Reno Susetyo. Keduanya merupakan penanggung jawab atas desain-desain menarik infografik yang selama ini muncul di Harian Kompas.

Infografik Sebagai Penyampai Informasi

Pandu Lazuardy Patriari, Manajer Desk Visual Harian Kompas,mengawali sesi dengan mengajak peserta mengenal infografik.

Menurut Pandu, infografis dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari, seperti di petunjuk keamanan dalam pesawat, petunjuk memasak di bungkus mie instan, hingga peta rute angkutan umum.

Infografis dapat didefinisikan sebagai penyajian data (informasi, peristiwa, pengetahuan, angka) melalui visual untuk menyederhanakan informasi yang rumit agar lebih mudah untuk dipahami dengan cepat.

Merancang Materi Infografik

Sesi kedua membahas tentang Merancang Materi Infografik, materi ini disampaikan Oleh Pandu, melanjutkan materi sesi pertama.

Seperti halnya tulisan, konten infografik idealnya direncanakan dengan baik. Sehingga informasi yang disajikan tidak melenceng atau tetap relevan.

Kita dapat menggunakan tabel kerja untuk membantu menuangkan gagasan secara sistematis dan runtut. Setelah itu, rancangan tersebut kita narasikan, dari teks menjadi visual.

Transformasi narasi menjadi visual salah satu langkahnya adalah membuat sketsa. Proses ini akan membuat rancangan infografik lebih terarah dari segi isi/data hingga visual, pekerjaan akan lebih efektif dan efisien, serta menjadi gambaran awal visual infografik.

Praktik Membuat Infografik

Desain tanpa praktik adalah omong-kosong. Di sesi akhir Workshop Pembuatan Infrastruktur Kementerian PUPR, peserta ditantang untuk praktik mengaplikasikan apa yang telah mereka pelajari dari sesi-sesi sebelumnya.

Peserta diminta membuat infografik dalam waktu singkat. Tema dan data diangkat dari kebutuhan masing-masing peserta. Selama proses praktik, pengajar mendampingi peserta untuk membantu peserta jika mengalami kesulitan.

Setelah itu, hasil karya peserta dikumpulkan dan diberikan penilaian secara langsung oleh pengajar. Tiap karya diberikan kritik dan masukan untuk dijadikan pembelajaran bersama.

Kompas Institute adalah lembaga pelatihan dan pendidikan di bawah naungan Harian Kompas, berdiri pada 17 Mei 2018. Hingga saat ini Kompas Institute telah menyelenggarakan pelbagai pelatihan dalam lingkup fotografi, integrated marketing communication, kehumasan, dan penulisan naratif. Informasi lebih lanjut dan pendaftaran kelas mendatang, bisa langsung mengunjungi situs institute.kompas.id dan untuk kerja sama in-house training dapat mengirimkan surel ke: institute@kompas.id.

Penulis: Khairul Anwar

Dok Foto: Khairul Anwar