DESKRIPSI

Di era digital yang terus berkembang pesat, fungsi kehumasan (public relations) mengalami transformasi mendasar. Tidak lagi terbatas pada siaran pers dan hubungan media tradisional, praktisi humas kini dituntut untuk mampu beradaptasi dengan dinamika komunikasi digital yang serba cepat, interaktif, dan berbasis data. Media sosial, platform berita online, hingga mesin pencari menjadi medan baru dalam membangun, mempertahankan, dan melindungi reputasi organisasi atau brand.

Perubahan lanskap komunikasi ini menuntut para profesional humas untuk memiliki keterampilan strategis dalam menyusun kampanye digital, menciptakan konten yang relevan, serta memahami cara kerja algoritma platform digital. Selain itu, kemampuan menulis berita yang SEO-friendly dan menyusun narasi yang kuat di media online menjadi kompetensi esensial yang harus dikuasai.

Kelas Kompas Institute, “Strategi Kehumasan di Era Digital” dirancang sebagai sesi pembelajaran intensif untuk memberikan pemahaman menyeluruh mengenai strategi kehumasan digital — mulai dari transformasi peran humas, penyusunan strategi yang tepat sasaran, teknik menulis berita kehumasan, mitigrasi isu krisis, hingga pemanfaatan media sosial dan konten kreatif.


Materi yang dipelajari:

Transformasi Kehumasan Digital
● Evolusi humas dari konvensional ke digital
● Perubahan lanskap komunikasi dan media
● Elemen kunci dalam membangun reputasi brand di platform digital
● Etika komunikasi digital

Menyusun Strategi Kehumasan Digital
● Langkah-langkah menyusun strategi kehumasan digital
● Penetapan tujuan, audiens sasaran, dan kanal distribusi
● Mengenal berbagai tools kehumasan digital
● Indikator keberhasilan kehumasan digital

Menulis Berita Kehumasan di Media Online
● Karakteristik penulisan berita online
● Teknik penulisan yang tepat untuk media online
● Judul dan lead yang menarik
● Dasar-dasar SEO (Search Engine Optimization)

Strategi Media Sosial & Konten Kreatif Kehumasan
● Tren terbaru PR campaign di media sosial
● Memahami algoritma dan perilaku pengguna tiap platform
● Menyusun strategi konten media sosial
● Strategi mitigasi dan penanganan isu krisis di media sosial

Nama Pembicara:

  1. Elvera N. Makki
    Founder & CEO VMCS Public Relations
  2. Fardila Astari
    Communications Strategist
  3. Angger Putranto
    Editorial Social Media Assistant Manager Harian Kompas
  4. Laksono Hari Wiwoho
    Managing Editor Video & Social Media Kompas.com

Pelaksanaan:

Hari/Tgl: Rabu – Kamis, 11-12 Juni 2025
Waktu: 09.30-15.30 WIB
Lokasi: Ruang Kompas Institute, Gedung Kompas Gramedia Unit 2 Lantai 3, Jalan Palmerah Selatan No. 26-28 – Jakarta

Benefit:

  1. Materi pembelajaran (e-book)
  2. Sertifikat
  3. Akses Kompas.id selama 1 tahun
  4. Suvenir & Konsumsi

Informasi dan pendaftaran:
28 Mei – 10 Juni 2025
Hotline Kompas  (021) 25676000
Whatsapp: 0812- 900-50-800

Strategi Kehumasan di Era Digital

Rp4.500.000

Categories: ,