Membongkar Formula Cerpen Kompas: Teknik Kreatif Menulis Cerpen yang Bermakna

Rp400.000

Sejak dulu, Harian Kompas menghadirkan panggung bergengsi bagi para penulis cerita pendek (cerpen) Indonesia. Hanya karya-karya yang penuh kedalaman dan mampu menyentuh hati pembaca yang dapat ditampilkan dalam Rubrik Cerpen Kompas. Ingin menulis kisah-kisah menarik seperti yang ada di Rubrik Cerpen Kompas? Ikuti kelas terbaru Kompas Institute untuk pelajari teknik penulisan cerpen yang penuh makna.

Meski disebut cerita “pendek”, bukan berarti menulis cerpen itu mudah. Penulis dituntut untuk bisa menarik perhatian pembaca lewat tulisan yang singkat, namun tetap mendalam. Terlebih, kalau ingin karya Anda masuk ke Rubrik Cerpen Kompas. Diperlukan lebih dari sekadar kemampuan menulis; cerita di Rubrik Cerpen Kompas harus menghadirkan ide segar, plot yang cerdas, dan mampu menyampaikan emosi serta nilai-nilai yang kuat lewat cara yang memikat.

Dalam kelas “Membongkar Formula Cerpen Kompas: Teknik Kreatif Menulis Cerpen yang Bermakna”, Anda akan belajar memahami lebih dalam nilai-nilai dan standar editorial yang menjadi landasan seleksi Rubrik Cerpen Kompas. Selain itu, Anda akan diberikan panduan praktis untuk menggali ide dari kehidupan sehari-hari, menghidupkan karakter, merangkai plot yang kuat, hingga menciptakan latar yang memikat.


Materi yang dipelajari:
– Mengenal nilai-nilai dasar Kompas sebagai bingkai penulisan cerpen.
– Menggali ide cerita dari kisah hidup sehari-hari.
– Formula menyusun plot, karakter, emosi, dan setting cerita berpijak pada nilai-nilai Kompas.
– Menembus cerpen Harian Kompas
– Studi kasus: belajar dari cerpen yang dimuat dan ditolak Kompas
– Mengatasi writer’s block.

Nama Pembicara

  1. Mohammad Hilmi Faiq
    Wartawan dan Penulis

Pelaksanaan:

Hari/Tgl: Kamis, 24 Oktober 2024
Waktu: 14.00-16.00 WIB
Lokasi: Online via Zoom

Benefit:

  1.  E-book pembelajaran
  2. E-Sertifikat
  3. Akses Kompas.id selama 3 bulan
  4. Voucher diskon 25% untuk pembelian buku Kompas dan diskon 10% untuk pembelian merchandise Kompas.

Informasi dan pendaftaran:
4  – 23 Oktober 2024
Hotline Kompas  (021) 25676000
Whatsapp: 0812- 900-50-800

Categories:

Sejak dulu, Harian Kompas menghadirkan panggung bergengsi bagi para penulis cerita pendek (cerpen) Indonesia. Hanya karya-karya yang penuh kedalaman dan mampu menyentuh hati pembaca yang dapat ditampilkan dalam Rubrik Cerpen Kompas.